18 Maret 2010

Hadits Rasulullah tentang henna

Aturan dalam islam ternyata ada juga yang menyebutkan tentang penggunaan henna, berikut kutipannya


Sesuai penggunaannya sebagai pewarna rambut, dari Al-Bukhori dari Utsman bin Abdullah bin Mawhab : kami pergi ke Ummu Salma dan beliau membawakan beberapa potong rambut Rasulullah dan itu diwarnai dengan henna dan indigo" (Bukhari, Libas, 66)

"yang terbaik untuk mewarnai rambut yang berwarna putih adalah henna dan katam" (Tirmidzi, Libas, 20)

Dari 2 buku shahih, dari Anas, dikutip bahwa Abu Bakar mewarnai rambutnya dengan henna dan katam (Muslim, Fadail, 100) (Ibnu Qayyim; 259)

Catatan lainnya : Apa itu Katam? itu adalah tanaman dari Yaman yang memproduksi pewarna merah kehitaman)

Henna memiliki sifat obat juga. Ibnu Qayyim mengatakan, "Ketika sakit kepala dan merasa seperti terbakar henna memiliki manfaat yang sangat nyata untuk mendinginkan kepala. Bila ditumbuk dan diterapkan pada dahi sebagai ganti dengan cuka, itu menenangkan sakit kepala. henna juga membantu meregangkan otot ketika ditempelkan pada bagian tubuh yang nyeri. Henna tidak secara khusus untuk sakit kepala tetapi pada umumnya untuk semua anggota badan." (Ibn Qayyim; 64)

Ketika sahabat Rosul mengeluh sakit kepala. sakit pada kaki, Rosul menganjurkan untuk menggunakan henna pada bagian tubuh yang sakit (Abu Dawud, Tarajjul, 188, 19; Talaq 46)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More